Breaking News
Loading...

July 31, 2016

Pentingnya Bahasa Tertulis Dalam Bisnis Online

Pentingnya Bahasa Tertulis Dalam Bisnis Online – Bahasa tertulis menjadi satu bentuk komunikasi mendasar dalam bisnis online. Perangkat komunikasi apa pun yang dipakai dalam melakukan transaksi online, sangat mengandalkan bahasa tertulis. Teks, kumpulan kata-kata, dan kalimat, didukung dengan tanda baca dan emoticon, itulah yang mendominasi dalam bahasa tertulis.

Pentingnya Bahasa Tertulis Dalam Bisnis Online

Mungkin ada yang keberatan dengan fakta ini dengan membantah, “Kan ada telepon untuk berkomunikasi lisan?” Betul, namun di era mobile seperti sekarang, sudah sangat langka orang yang mau berlama-lama melakukan sambungan telepon hanya demi mendapatkan informasi yang bisa didapat dengan membaca teks.

Membuka laptop atau gadget dan mencari informasi suatu produk, semua sangat mengandalkan teks atau bahasa tertulis. Mencari tahu detail produk, spesifikasi, bentuk, dan warnanya melalui display di toko online, semua mengandalkan teks dan visual. Meme­san barang, melakukan transaksi, dan menyampaikan keluhan di toko online, semua dilakukan dengan bahasa tertu­lis, bukan lisan.

Ketika seorang pebisnis memutuskan terjun ke bisnis online, ia sudah harus siap untuk dapat berkomunikasi secara tertulis. Ada banyak kendala bagi yang belum terbiasa dengan komunikasi jenis ini, mulai dari ketidakmampuan menulis dalam bahasa yang mudah dipahami hingga kendala teknis seperti jaringan yang buruk atau gadget yang rusak.

Seorang pebisnis online sejak awal wajib bersiap dengan kondisi terbu­ruk, yaitu hilangnya jaringan Internet, koneksi yang terputus-putus, serangan virus, hilangnya data, dan sejenisnya. Segala kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Untuk itu ada baiknya seorang pebisnis online sudah menguasai literasi teknologi informasi, setidaknya dasarnya.

Bukan berarti ia harus menguasai teknik, sama sekali bukan. Membia­sakan diri dengan gadget dan kom­puter menjadi bagian dari literasi teknologi informasi yang sebenarnya sudah kita lakukan sejak lama tanpa kita sadari. “Dalam lima tahun terakhir, dengan munculnya berbagai aplikasi, media sosial, dan cloud solution, muncul gelombang baru pelaku UKM yang menguasai literasi teknologi informasi.

Dulu pelaku UKM mungkin tidak mengenyam pendidikan tinggi. Tapi, sekarang pelaku UKM mayoritas sar­jana dan dengan kemampuan belajar yang dimilikinya akan sangat mudah mengadopsi teknologi,” Yuswohady mengomentari fenomena ini. Ia sangat optimis bahwa kelak para pelaku UKM sudah makin terbiasa dengan pola ko­munikasi berbasis teknologi informasi.

Menurut Yuswohady, komunikasi tertulis hampir sama dengan komuni­kasi lisan, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan gadget. Pengguna gadget tidak lagi meng-andalkan komunikasi suara berupa panggilan telepon, melainkan

beragam aplikasi komunikasi tertulis dan visual, seperti email, pesan instan, blog, instagram, dan sejenisnya. Semua ini hanyalah masalah kebiasaan dan akan semakin banyak orang yang terbiasa dengan bahasa tertulis.

Washington Post pernah menulis mengenai terjadinya penyusutan jumlah komunikasi suara melalui telepon. Sementara komunikasi melalui pesan tertulis justru kian melonjak.

Majalah Time menyebutkan, generasi muda Amerika berusia 18-29 tahun menerima dan mengirim setidaknya 88 pesan teks dalam sehari dan hanya melakukan 17 panggilan telepon. Semakin tua usia pengguna gadget, semakin sedikit melakukan aktivitas pesan teks. Data-data tersebut menggambarkan fenomena bahwa generasi kini sudah lebih terbiasa dengan bahasa tertulis ketimbang generasi terdahulu. Generasi milenia sekarang ini semakin terbiasa dengan bahasa teks. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana agar komunikasi tertulis itu berjalan secara dua arah, ada interaksi. Harus ada pelatihan bagaimana agar pebisnis online dapat melayani pelanggan dengan baik melalui bahasa teks. Kalau itu terwujud maka sudah tidak ada masalah.

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan website dan juga sebagai media sosial berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya.